Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Satu Langkah Kecil Bagi Seorang Manusia, Lompatan Besar Bagi Umat Manusia

Tetapi tentu saja, dampak berbahaya dari melakukan seks dengan seseorang atau waktu yang salah tidak semuanya bersifat fisik. Bagi banyak orang , efek emosionalnya terbukti sama menyakitkan.

Saat seseorang 'jatuh cinta',seks sepertinya adalah sesuatu yang wajar dilakukan, seks menjadi 'langkah selanjut'' yang logis dilakukan dalam sebuah hubungan. Tetapi hal itlu adaalah sebuah langkah besar dan sering kali mempertinggi dan memperumit keterlibatan emosional dengan pacar mereka. Jika hubungan itu hanya sepihak, atau tidak berlangsung lama, maka mereka justru akan terlukan atau mereasa dikhianti, harga diri mereka jatuh sampai ke dasar.

Bagi banyak anak muda, pengalaman seks pertama mereka tidak direncanakan. Mereka hanya terbawa suasana, atu teman laki - laki atau (kadang) perempuan mereka yang mendorong mereka melakukan itu sebagai 'bukti' cinta mereka. Akibatnya, peraaan mereka atas semua itu pun dapat menjadi tak menentu karena mereka belum siap melakukannya. Pengalaman pertama mereka dengan seks akhirnya sangat merusak karena terjadi dengan cara yang salah, diwaktu yang salah dan sering kali dengan orang yang salah. Harusnya itu menjadi pengalaman istimewa, tapi justru menjadi sesuatu yang berbahaya dan negatif.

Seks bukan sebuah olah raga seperti sepak bola. Seks bukan merupakan tanda kedewasaan isik seperti bercukur atau pertumbuhan buah dada. Dan seks bukan bukti cinta seperti sebuah cincin atau kartu ucapan hari kasih saying. Seks adalah tentang diri Anda yang berbagi dengan orang lain dalam suatu keintiman yang sangat erat, dan hal itu harus merulpakan pilihan bebas dari kedua pihak. Tragisnya, serigkali bukan itu yang terjadi. Sementara sejumlah orang merasa didorong untuk melakukan hubungan seks, sejumlah besar yang lain dipaksa melakukan hubungan seks tanpa menginginkannya.
Jadi meski kita semua mempunyai hasrat dan dorongan seksual, namun jelas tidak semua perwujudannya baik. Seks mungkin memang alami dan sehat, tetapi kita tetap harus memperlakukannya secara hati - hati - sama seperti kita memperlakukan hal - hal berharga lainnya. Kita tidak bisa berbuat ceroboh tanpa terkena akibatnya. Kita tidak hanya terdiri dari daging dan tulang saja. Kita mempunyai emosi dan perasaan.

Anak Anda perlu memiliki pandangan bahwa seks, sebagai satu tindakan intim antara dua orang, tidak bisa dikecilkan maknanya menjadi sekadar satu aktivitas fisik belaka. Kita secara naluriah tahu bahwa makna seks lebih daripada itu. Mereka juga harus menyadari bahwa keputusan seksual mereka tidak hanya bersifat pribadi. Keputusan-keputusan itu bisa membawa implikasi penting bagi orang lain, bagi keluarga mereka dan bagi seluruh masyarakat. Beberapa menit kesenangan bisa mengakibatkan terciptanya seorang manusia dengan masa hidupl delapan puluh tahun atau lebih, yang pada saatnya nanti juga akan memiliki anak - anak mereka sendiri. Dengan kata lain, bahkan jauh setelah anak Anda tiada, tindakan mereka bisa masih akan membawa dampak... yang baik atau buruk. Jadi sangat penting bagi mereka akan mempengaruhi orang lain sebelum keputusan itu dibuat.

No comments: