Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Tujuh Pecundang

Dewasa ini, AIDS cenderung menjadi berita utama sejajar dengan penyakit menular seksual (PMS). Tetapi AIDS sama sekali bukan satu - satu nya penyakit yang berisiko menular pada anak Anda jika mereka melakukan aktivitas seks yang tidak aman. Bahkan, diperkirakan setiap tahun rumah sakit di Inggris merawat sekitar 500.000 kasus PMS baru. Dari tujuh kasus yang paling umum, dua diantaranya, seperti AIDS, disebabkan oleh virus lyang masih belum ditemukan obatnya, sementara lima sisanya adalah hasil dari infeksi bakteri, biasanya ditangani dengan penisilin atau antibiotik lain.

Herpes
(disebabkan virus) membuat kulit disekitar kelamn gatal dan seperti terbakar. Muncul benjolan kecil berisi cairan bening, kadang disertai sakit kepala, demam dan pegal -pegal. Tanda - tanda itu akan hilang dalam tiga minggu, tetapi virusnya tetap tinggal dalam tubuhm dan bisa kambuh kapan saja.

Kutil kelamin
(disebabkan virus) adalah kutil lunak dan tidak terasa sakit yang tumbuh pada atau di dekat kelamin. Lebih merupakan gangguan daripada masalah, meski demikian kutil ini bisa menjadi satu factor pemicu pertumbuhan kanker rahim atau penis. Meskipun bisa dihilangkan dengan cara yang sama seperti jenis kutil lainnya, tetapi tidak ada obat bagi virus yang menyebabkannya.

Sipilis
(disebabkan bakteri) gejala awalnya adalah munculnya bisul keras yang tidak sakit disekitar daerah kelamin. Jika tidak diiobati, ini bisa berkembang dengan muncul demam, sakit kepala tenggorokan sakit dan ruam kulit. Tanda - tanda itu kemudian seperti hilang, tetapi pada satu dari tiga kasus, kembali lagi dan terkadang menyebabkan kerusakan serius pada jantung atau system syaraf.

Chancroid
(disebabkan bakteri), bisul di penis atau di dekat vagina, yang berisi nanah dan sangat sakit.

Gonore atau kencing nanah
(disebabkan bakteri), dimulai dengan rasa terbakar saat kencing, dan munculnya cairan kekuningan yang merembes dari lubang saluran kencing (organ penyalur urin dari kandung kemih ke luar tubuh). Jika tidak diobati, terkadang bisa menyebar ke bagian atas tubuh dan menyebabkan radang kelenjar prostat pada pria atau Pelvic Inflammatory Disease (kanker mulut rahim) pada wanita.

Klamidia Genital
(disebabkan bakteri) dalam banyak kasus mempunyai gejala -gejala yang sangat mirip dengan kencing nanah.

Pelvic Inflammatory Disease (Kanker Mulut Rahim)
(disebabkan bakteri), paling sering disebabkan oleh kencing nanah atau chlamydia,menyebabkan leher rahim terinfeksi dan bahkan tergores. Bisa menyebabkan abses (benjolan besar berisi nanah) pada ovarium atau leher rahim, dan rasa sakit selama berhubungan seks. Penyakit ini meningkatkan resiko ketidak suburan dan posisi kehamilan tidak normal (janin tumbuh diluar rahim)

Sebagai tambahan, saat ini diperkirakan risiko terkena kanker rahim telah menjadi dua kali lebih besar untuk para wanita yang mulai berhubungan seks sebelum umur tujuh belas tahun. Risiko ini juga diperkirakan lebih besar lagi jika hubungan seks itu di lakukan dengan sejumlah pasangan yang berbeda.

Tidak terlalu penting bagi anak Anda untuk mengetahui setiap detil dari penyakit menular seksual tersebu, jadi tidak perlu mengganti buku cerita pengantar tidur lama mereka dengan "Kamus Kedokteran" terbitan terbaru. Tujuan Anda adalah memberi tahu mereka, bukan menakuti mereka agar menjadi biarawan atau biarawati! Mereka memerlukan pemahaman yang cukup mengenai kemungkinan terjerumus akibat melakukan pilihan yang salah saat memutuskan kapan, dimana, bagaimana dan dengan siapa mereka akan berhubungan seks. Dengan begitu, besar kemungkinan mereka akan membuat pilihan yang benar!

No comments: