Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Dari Mana Datangnya Bayi?

Pertanyaan itu, atau sejenisnya, mungkin adalah pertanyaan pertama mereka. Kemungkinan akan ada tiga atau empat pertanyaan. Dengan kata lain, mereka belum jadi jenius, jadi Anda tidak perlu memberi mereka detil pengalaman reproduksi mulai dari foreplay yang menggairahkan sampai ke halaman depan ruamah sakit. Jadi anggap saja pertanyaan itu sebagai awal dari sepuluh tahun pembicaraan berkala mengenai seks. Beri jawanan untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka tetapi jangan membuat mereka bingung. Sedikit tapi sering adalah cara terbaik. Tetapi jangan menyimpan semuanya untuk ' Diskusi Seks' akbar saat mereka berumur enam belas tahun - karena semua akan terlambat dan terlalu memalukan. Yang penting, beri penjelasan jujur dan sederhana. Anda ingin anak Anda melihat seks dan seksualitas sebagai bagian kehidupan yang alamiah, bukan lading ranjau yang berbahaya dan membingungkan.

http://ahliremaja.blogspot.com/

Katakan pada mereka sedikit - sedikit mulai. 'Bayi tumbuh dalam perut Ibu. ' Saat mereka bertanya bagaiamana bayi bisa ada dalam perut Ibu, jelaskan bahwa Ibu dan Ayah mempunyai cara 'khusus' untuk saling mencintai, dan terkadang bayi adalah hasil yang indah dari cara 'khusus'itu.

Mungkin Anda tergoda untuk membohongi mereka dengan dongeng burung bangau pembawa bayi atau yang lainnya, namun dengan cara seperti itu, Anda sebenarnya sedang menciptakan kesulitan bagi Anda sendiri di masa mendatang. Saat mereka akhirnya mengetahui kebenarannya, mereka akan protes atas 'kebohongan kecil' yang Anda siapkan bagi mereka untuk menghindarkan rasa malu Anda, atau bagaimana mungkin orang yang tidak tahu apa - apa mengenai seks seperti Anda bisa menjadi orang tua! Saat Sam pulang dari sekolah, ia marah besar. Setelah mengumpulkan orang tuanya, ia mengumumkan dengan suara keras, "Oke, harap diketahui bahwa saya, Samuel James Clarkson, hari ini telah mempermalukan diri sendiri di kelas pendidikan seks karena mengulang cerita mengenai burung bangau pembawa bayi yang telah diceritakan oleh satu kelompok tertentu yang tinggal di rumah ini!".

Jujur tetapi mudah dimengerti sangatlah penting. Detil anatomi tidak sesuai untuk anak Anda, khususnya saat mereka berumur empat atau lima tahun, dan tidak ada alasan mengapa harus mengutamakan itu. Anda ingin mengatakan yang sebenarnya, tetapi bukan berarti mengatakan semua kebenarana sekaligus. Saat Corni dan saya mengajari anak saya mengenai jam, misalnya, kami tidak menyuruh mereka duduk lalu menjelaskan secara detil semua yang dikatakan Einstein tentang waktu berkaitan dengan gerakan. (alas an utamanya, karena saya sendiri juga tidak tahu!). Sebaliknya, kami memberi tahu mereka mengenai jarum panjang dan jarum pendek dan angka - angka yang mengelilinginya. Lainnya menyusul. Pelan - pelan kami memberi tahu mereka sampai mereka lebih dewasa dan bisa memahaminya.

Kebenaran lebih unik dari dongeng dan lebih memalukan jika dikatakan, tetapi dalam jangka panjang akan jauh lebih bermanfaat bagi anak Anda. Disatu sisi, kebenaran akan memberi mereka dasar yang kuat untuk membangun pemahaman mengenai seks. Disisi lain, kebenaran akan membantu melindungi mereka dari mitos -mitos menyesatkan tentang seks dengan mempersenjatai mereka lewat cara yang cerdas. Bagaimana pun juga, pengetahuan adalah kekuatan.

No comments: