Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Tolong!

Tetapi bagaimana jika anak Anda telanjur mengalami kekerasan seksual, dan terasa seperti mencoba menutup pintu kandang saat kudanya telah lari ? Apa yang harus dilakukan kemudian?

http://ahliremaja.blogspot.com/

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika anak melapor bahwa mereka telah dilecehkan adalah memercayai mereka. Seorang anak jarang sekali mengarang cerita tentang sesuatu yang serius seperti kekerasan seksual, bahkan jika memang benar begitu, maka akibat bagi orang yang dituduh akan sangat parah dan bersifat jangka panjang. Tapi meski pernyataan mereka membuat Anda seakan tidak percaya, terutama jika itu melibatkan seseorang yang Anda kenal dan percayai, bahkan mungkin pasangan atau saudara kandung Anda - perhatian utama Anda sebagai ayah atau ibu harus tertuju pada anak Anda. Resiko karena memercayai mereka - meski mereka seringkali sedikit membelokkan kebenaran - jauh lebih kecil dibanding resiko jika tidak memercayai mereka.

Setelah memercayai mereka dan memastikan bahwa Anda memang memercayai mereka, ada tiga hal lagi yang harus Anda lakukan: menghentikan, melihat dan mendengarkan.

Menghentikan.
Jika peluang terjadinya tindak kekerasan seksual itu bahkan masih ada (dan bukti - bukti menunjukkan bahwa anak seringkali takut untuk mengakui bahwa kekerasan seksual itu masih berlanjut), maka penting sekali bagi Anda untuk memastikan bahwa telah diambil langkah yang tepat untuk menghentikannya. Ketika terdapat juga ancaman atas keselamatan jiwa, atau seandainya bukti fisik (misalnya air mani) masih ada pada anak Anda, maka pihak pertama yang harus dihubungi adalah polisi. Meskipun begitu, dalam sebagian besar kasus, akan lebih baik juga jika Anda menghubungi lembaga sosial perlindungan anak didaerah Anda. Mereka lebih biasa menangani kasus kekerasan seksual, dan umumnya juga akan bersikap lebih tenang, hati - hati dan teliti. Biasanya, mereka akan mengadakan penyelidikan detil sebelum mengambil tindakan yang diperlukan, berbicara dengan anak Anda, dengan Anda, pasangan Anda jika adam dengan orang yang diduga sebagai pelaku dan orang - orang lain (misalnya para guru, ketua kelompok kaum muda) yang bisa membantu memberikan inforamsi. Jangan khawatir jika mereka akan mencoba memisahkan anak Anda dari Anda - dibawah aturan hukum di Inggris, Undang - undang Anak tahun 1989, Dinas Sosial tidak mempunyai kekuasaan hukum untuk memisahkan anak dari orang tua mereka kecuali mereka bisa membuktikan risiko bahaya jika anak tetap tinggal bersama orang tuanya. Dengan kata lain, pihak berwenang di daerah Anda hanya diizinkan memisahkan anak Anda dari Anda jika Anda atau pasangan Anda adalah orang yang melakukan kekerasan seksual, dan jika ada risiko bahwa hal itu dapat terus terjadi jika mereka tetap tinggal di rumah.

Anda mungkin sedikit berhati - hati untuk melibatkan Dinas Sosial. Apakah itu sangat perlu ? Jawabannya sangat jelas: ya. Salah satu alasannya, anak Anda tidak akan memberitahu Anda mengenai tindak pelecehan itu hanya agar Anda tahu saja. Mereka menginginkan bantuan. Mereka ingin itu dihentikan, dan Dinas Sosial (bersama dengan polisi) adalah pihak yang mempunyai kekuasaan dan tanggung jawab untuk melakukannya. Alasan lainnyaadalah bahwa kemungkinan ancaman bukan hanya pada keselamatan anak Anda saja. Meskipun sebagian pelaku seumur hidupnya hanya melakukan kekerasan seksual pada satu anak atau hanya sekali saja terlibat dalam pelanggaran seksual, sebagian besar akan melakukannya pada anak - anak lain jika ia diberi kesempatan. Anda tidak boleh mengabaikan ini, seberapapun Anda enggan untuk 'tampil ke depan'.


Melihat.
Setelah kekerasan seksual dihentikan dan pelakunya ditangani, waktunya untuk dengan hati - hati melihat dampaknya. Anak - anak korban kekerasan seksual biasanya merasa kotor, bersalah, tidak berharga dan tidak bisa dicintai karena secara pribadi mereka telah disakiti. Bentuk ekspresi kasih sayang mereka yang paling intim telah dirampas dan dimanfaatkan orang lain demi kesenangan pribadinya sendiri. Seks sangat bermakna hanya saat Anda secara positif memilih untuk melakukannya, dan bagi para korban pemerkosaan atau pelecehan seksual, memulihkan perasaaan tersebut bisa menjadi perjalanan panjang dan menyakitkan. Anda harus bekerja sangat keras untuk memastikan mereka kembali bahwa:

* Anda mencintai mereka, tanpa syarat
* Mereka sangat berharga sebagai seorang pribadi
* Anda tidak menghakimi atau menyalahkan mereka atas apa yang terjadi
* Mereka sama sekali tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi
* Mereka tak tercemar atau ternoda seumur hidupnya
* Mereka masih bisa hidup bahagia dan berguna
* Apa yang mereka alami bukanlah seks, tetapi tindak kekerasan
* Mereka masih bisa menemukan cinta, dan merasakan keindahannya.

Mungkin bisa membantu jika dibuat garis batas dengan masa lalu, dengan cara menarik mereka dari aktivitas tertentu dimana mereka mengalami peristiwa itu. Jangan terkejut saat melihat adanya ketakutan dan kilas balik yang mungkin tampak 'tidak masuk akal' yang berhubungan dengan kejadian itu. Bagi seorang anak, tindak pelecehan bukanlah sesuatu yang bisa disembuhkan begitu saja, seberapa cerdas dan sehat penampilan si anak dari luar. Sebagian besar korban memerlukan waktu bertahun - tahun untuk mengatasi dampak emosional dari cobaan berat mereka. Sebagian lagi mengalami masalah lebih lanjut di masa - masa penting hidup mereka seperti masa puber atau pernikahan. Anda harus terus menyampaikan kata -kata dukungan Anda kepada mereka dari waktu ke waktu, guna membuktikan bahwa diri mereka selalu istimewa dan betapa Anda mencintai mereka senantiasa. Mereka perlu mendengarnya lebih sering dibanding mendengarkan cerita sebelum tidur, jadi biasakan diri Anda untuk mengatakannya, dengan bersungguh-sungguh, dan membuat mereka tidak sekadar memercayainya sebagai satu pernyataan tanpa arti.


Mendengarkan.
Memendam semua perasaan tidak baik bagi anak Anda. Mereka perlu berbicara pada seorang profesional terlatih yang memahami apa yang telah mereka alami dan untuk membantu mereka menerimanya. Dokter Anda atau Dinas Sosial seharusnya bisa menghubungkan Anda dengan seseorang yang ahli dalam bidang ini. (Jika Anda belum melaporkan masalah ini kepada Dinas Sosial), Anda perlu memikirkannya masak - masak mengingatkan para dokter dan ahli terapi - bahkan pendeta - secara hukum tidak wajib melaporkan kasus kekerasan seksual, sebagian besar mereka terikat oleh kode etik yang tidak memberi mereka pilihan selain melakukannya.)

Mencari bantuan bukanlah tanda ketidak mampuan. Pasti akan menakutkan dan mungkin sangat menyakitkan bagi anak Anda untuk membicarakan apa yuang telah mereka alami tetapi hanya itulah cara mereka untuk terbebas darinya dan memulai kembali semuanya. Anda akan berperan sangat penting disini, karena mereka harus membicarakannya dan mendengar nasihat dan masukan Anda, paling tidak pada awalnya. Tetapi peran Anda yang sebenarnya akan tergantung pada usia anak Anda - makin dewasa usianya, makin kecil pula kemungkinan mereka ingin melibatkan Anda dalam mengetahui semua detil penglaman kekerasan seksual yang mereka alami. Jangan terkejut jika saat anak remaja Anda mulai berbicara pada ahli terapi, mereka akan enggan memberikan banyak informasi. Peran Anda bukan untuk meniru peran ahli terapi atau konselor, tetapi untuk mendukung anak Anda saat mereka memerlukannya. Anda adalah "kelompok pendukung" mereka yang paling dekat. Peran Anda yang penting dan unik itu tidak berdasarkan pada apa yang anda lakukan, tetapi pada siapa diri Anda. Jadi jangan sekalipun membayangkan para ahli terapi bisa menggantikan tempat Anda, dan jangan pula mencoba menggantikan tempat mereka.

Terakhir, jangan membayangkan Anda harus menghadapi semua ini sendirian seperti yang dialami anak Anda. Kekerasan seksual bukan salah satu yang diharapkan orang tua akan terjadi dalam kehidupan mereka. Jika Anda tidak kesulitan menerimanya, Anda sedanga menipu diri Anda sendiri. Jadi pastikan Anda menemukan seseorang - bahkan ahli profesional lainnya - untuk membicarakan perasaan Anda dan pengalaman anak Anda. Jika mereka bukan seorang profesional, pastikan bahwa mereka cukup memahami masalah Anda dan, yang terpenting, Anda bisa mengandalkan mereka untuk menerima apapun yang Anda katakan dengan keyakinan penuh. Anak Anda akan menjadi sangat ketakutan jika orang - orang mengetahui pengalaman mereka - mereka tak butuh teman - teman Anda yang suka menyebar gosip ke sana sini.

No comments: