Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Pendidikan, Pendidikan dan Pendidikan

Tetapi itu bukan satu - satunya alasan mengapa mereka lebih perlu membicarakan seks dengan Anda daripada hanya dengan teman - teman dan guru mereka. Tidak ada nasihat - mengenai seks, atau apapun yang berhubungan dengannya - yang diberikan pada anak Anak di dalam kelas atau di halaman sekolah yang benar - benar 'bebas nilai'. Sebagai contoh, pendapat moral pribadi dari seorang guru tidak bisa dihindari akan menyusup dalam pengajaran mereka, sekeras apapun mereka mencoba objektif. Dan karena tidak ada jaminan bahwa Anda akan setuju dengan nilai - nilai moral pribadi sang guru, maka sangat penting Anda menyertakan nilai - nilai Anda sendiri disamping nilai - nilai yang akan didapatkan anak Anda disekolah, di media, dan dari teman - teman mereka. Mengetahui apa pendapat Anda akan membantu mereka dalam memahami pendapat orang lain, yang nantinya akan membantu dalam membentuk pikiran mereka. Ilmu pengetahuan, kata Francis Bacon, adalah kekuatan.

Dalam kata lain, bimbingan Anda akan memberi keuntungan psikologis pada anak Anda. Dengan memperlengkapi mereka dengan semacam kerangka moral yang dibutuhkan untuk menempatkan segala sesuatu ke dalam cara pandang yang benar, Anda telah membantu mempersiapkan mereka dalam menghadapi beberapa pandangan dan pendapat berbeda mengenai seks yang akan mereka temui.

Beberapa orang tua, tentu saja, benar - benar sadar akan kesalahan - kesalahan mereka di masa lalu dan tidak merasa percaya diri untuk memberikan nasihat mengenai seks pada anak mereka. Bukankah itu terlalu munafik, tanya mereka, menyuruh anak - anak mereka untuk "melakukan yang saya katakan, bukan yang saya lakukan ?" Jawabannya sederhana saja, tidak. Belajar dari kesalahan Anda adalah bagian dari pada pelajaran hidup. Jika Anda bisa membantu orang lain untuk belajar dari beberapa kesalahan Anda, maka itu akan jauh lebih baik.

Jadi meski sulit dan memalukan, sangat penting, bagi Anda untuk mendiskusikan masalah seks di dalam keluarga, dan memulainya dari sekarang. Makin lama Anda menunda, makin luas ruang imajinasi anak Anda yang menjadi kacau, dipenuhi mitos dan pengetahuan setengah benar yang mereka ambil dari tempat - tempat lain. Saya belajar tentang fakta - fakta kehidupan di taman bermain saat berumur sepuluh tahun, tiga puluh tahun yang lalu. Kini, anak - anak berumur tujuh atau delapan tahun telah dibombardir oleh penggambaran tentang hal - hal seksual setiap harinya, meski yang sebenarnya mereka ambil dalam usia tersebut masih sebatas pada campuran antara yang setngah benar dan yang benar -benar ngawur. Sekali pun mereka adalah Einstein Junior, tetap saja anak Anda akan memegang ujung tongkat yang salah berulang kali - seperti seorang anak yang menjelaskan pada orang tuanya bagaimana Sir Francis Drake 'menyunat dunia memakai gunting berukuran 30 meter '! Tanpa keterlibatan Anda, tak ada jaminan bahwa kesalah pahaman itu tidak terus berlanjut sampai saat mereka memasuki masa remaja ..... atau lebih jauh lagi !

No comments: