Iklan Pilihan

Thursday, July 10, 2008

Jalur Yang Benar

Saat anak - anak mencapai masa puber, hormon - hormon mereka tiba - tiba meledak. Tanpa peringatan, jutaan zat biokimia kecil yang menyebar ini bergejolak di dalam tubuh, memerintahkan bagian - bagian tertentu berubah dari 'anak -anak' menuju 'dewasa'. Sebagian, hormon memicu perubahan permanen, seperti perkembangan tinggi badan. Yang lainnya mengatur bagaimana tubuh bekerja dengan berdasar pada perhitungan hari, minggu, dan bulan. Estrogen, misalnya, mengendalikan siklus reproduksi wanita, memerintahkan indung telur melepaskan telur ke leher rahim setiap bulannya. Testosteron adalah hormon yang sama yang terdapat pada tubuh pria, mengawasi produksi sperma.

Bagi sebagian besar anak perempuan, masa puber dimulai antara umur sebelas dan dua belas tahun, meskipun bisa lebih lambat atau lebih cepat. Buah dada mereka mulai berkembang, yang terkadang terasa sakit, dan mulai tumbuh rambut di ketiak dan pangkal paha mereka. Mengatakan bahwa hal tersebut hanya akan membuat mereka agak kikuk dan sering salah tingkah adalah pernyataan yang terlalu menyederhanakan persoalan. Tidak lama setelah itu - meskipun sekali lagi, waktunya bisa sangat bervariasi - mereka mulai menstruasi. Tak peduli seberapa baik Anda telah mencoba mempersiapkan putri Anda terhadap serangan masa - masa itu, tetap saja itu akan menjadi masa - masa yang sangat sulit. Bersamaan dengan perkembangan buah dada dan pinggul, menstruasi menandai akhir masa anak - anak dan dimulainya masa wanita dewasa.

Anak laki - laki berkembang lebih lambat rata - rata satu tahun atau lebih ketimbang anak perempuan, paling tidak dalam hal yang berkaitan dengan perubahan - perubahan yang tampak. Tubuh mereka mulai bertambah tinggi dan berotot, dan tumbuh rambut diwajah dan panggkal paha. Suara mereka membesar, juga testis mereka, mereka pun memasuki dunia ereksi dan ejakulasi yang sangat membingungkan. Sebagaimana halnya anak perempuan, kulit mereka sering kali mendadak diserang bintik -bintik, yang meletus seperti gunung - gunung berapi kecil di seluruh wajah mereka.

Tetapi tentu saja, masa remaja tidak berhenti hanya dengan Tranformasi Tubuh Total. Perubahan - perubahan fisik ini hanya bagian kecil saja dibandingkan pengaruh emosional yang dibangkitkan oleh masa puber itu. Mulai dari kegelisahan atau depresi yang di sebabkan oleh hormon sampai pergulatan umum remaja tentang kepercayaan diri, masa remaja bisa menjadi perjalanan yang sangat berat. Dengan dipenuhi berbagai perasaan, dorongan dan rangsangan yang belum pernah mereka alami sebelumnya - biasanya juga dengan keyakinan bahwa tak seorang pun dalam sejarah dunia ini yang pernah mengalami seberat yang mereka rasakan - secara umum mereka berada di bawah tekanan psikologis yang sangat berat.

Setelah baru saja mengalami masa dimana bersentuhan fisik dengan lawan jenis tampak tidak lebih menarik dari makan sepotong roti isi, sekarang mereka memasuki masa - masa penuh kegelisahan dan hasrat lyang setiap detiknya begitu membingungkan sekaligus menyenangkan. Dari tidak pernah benar - benar berpikir mengenai seks, mereka tiba - tiba mendapati diri mereka selalu memikirkan tentang seks. Dari keadaan tanpa hasrat, tanpa disangka mereka kini menjadi selalu penuh hasrat.

Sebagai ayah dan atau ibu mereka, Anda mempunyai kesempatan membantu mereka tidak hanya untuk memahami sesuatu mengenai sensasi - sensasi baru ini, tetapi juga untuk duduk di kursi pengemudi sejauh kuntuk mengetahui bagaimana mengendalikan perjalanan mereka. Ribuan tahun yang lalu, para pelaut mengendalikan kapal sepenuhnya menggunakan kekuatan otot saja. Dayung jauh lebih penting dibandingkan layar, karena para pelaut purba hanya bisa menggunakan layar saat ada angin kencang bertiup ke arah yang benar. Jika mereka tidak hati -hati, atau meremehkan kekuatannya maka angin bisa membawa mereka melenceng bermil - mil atau merobek - robek layar mereka. Tetapi, dari waktu ke wakt, para pelaut belajar bagaimana mengendalikan kekuatan angin yang dahsyat itu, dan memanfaatkannya agar bisa digunakan untuk mengendalikan kapal dalam segala hal kecuali dalam kondisi yang sangat luar biasa. Sama halnya, tanggung jawab Anda adalah untuk membantu anak Anda memahami dan untuk mampu mengendalikan gerak hati dan emosi -emosi mereka, mengendalikan gerak hati dan emosi - emosi mereka, memanfaatkan kekuatan dorongan seksual mereka agar dapat bekerja untuk mereka, bukan melawan mereka.

No comments: